Halal bi Halal di Hari Pertama Masuk 2016/2017


Ambarawa – hari ini 18/7/2016 merupakan hari pertama masuk sekolah tahun pelajaran 2016/2017. Siswa-siswi SMA Islam Sudirman Ambarawa terlihat sangat bersemangat untuk mengikuti kegiatan sekolah di hari pertama ini. Setelah sampai di halaman sekolah mereka kemudian berkerumun pada sebuah papan tulis yang ditempeli Daftar Kelas Tahun Pelajaran 2016/2017. mereka mencari-cari nama mereka ada di kelas mana, setelah menemukan mereka menuju kelas yang telah ditentukan. Di dalam kelas bersama Wali Kelas Berd’oa dan membersihkan kelas kemudian setelah itu siswa kelas XI dan XII berkumpul di lapangan untuk mengikuti kegiatan Halal bi Halal.

Perwakilan siswa yang diwakili oleh Ketua OSIS Nur Hervianto menyampaikan permohonan maaf kepada Bapak Ibu Guru dan Karyawan, sedangkah wakil dari Guru dan Karyawan diwakili oleh Kepala Sekolah, Drs. Joko Pujiyanto. Dalam pidatonya Kepala Sekolah menyampaikan hikmah halal bi halal yang ditinjau dari segi Sosiologis. Ada tiga hal : Pertama, adalah Puasa. Dengan puasa di bulan Ramadhan kita dilatih untuk ikhlas menjalankan ibadah juga melatih untuk memiliki empati kepada masyarakat yang membutuhkan baik melalui shodaqoh maupun zakat dibulan yang barokah ini. Kedua, Mudik. Mudik berasal dari kata Udik yang berarti “ndeso” atau orang desa. Orang udik berarti “wong ndeso” atau orang desa, sehingga Mudik di artikan “Mulih Udik” atau “mulih ndeso” atau pulang desa. Mudik juga diartikan dengan sungai/sumber yang besar yang dimaknai sebagai asal muasal keturunan, sehingga mudik disini diartikan sebagai kembali ke asalnya, tanah kelahiran, pulang keorang tua, dan keluarga besarnya yang berada di desa. Ketiga,  Dari kata Lebar atau Selesai menjalani Puasa Ramadhan sebulan penuh…mangka dikataken dengan Lebaran…bar baran…atau selesai sudah.. disini kita memohon maaf kepada orang tua kita. saudara kita, sanak famili dan orang-orang yang kita kenali, yang kemudian kita menjadi fitrah/ suci kembali karena bulan puasa dengan menjalankan kewajiban dan ibadah-ibdah lainnya yang diperintahkan oleh Allah kita akan mendapat magfirah-Nya. kemudian kepada sesama manusia kita juga memohon maaf baik kesalahan yang disengaja maupun tidak.

Itulah hikmah puasa yang yang disampaikan oleh Kepala Sekolah yang pantas untuk kita renungkan bersama agar kita semakin hari manjdi manusia yang baik dan lebih baik lagi. Amin ya Rabbal Alamin. Setelah itu acara dilanjutkan dengan Mushofakhah atau “salam-salaman” berjabat tangan saling maaf memaafkan antara siswa dengan guru-karyawan dan siswa dengan siswa.

Semoga Idul Fitri benar-benar menjadi momentum yang sesuai dengan artinya, yakni kembali ke kondisi fitrah. Kembali ke jati diri kemanusiaan kita sebagai hamba Allah yang total, kembali tabiat asli manusia sebagai makhluk sosial, dan kembali kepada naluri manusia sebagai makhluk penyayang terhadap lingkungan dan alam secara luas. 

Berbarengan dengan hari pertama ini calon siswa kelas X juga berangkat pertama kali sejak 6.30 WIB untuk mengikuti kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) yang jadwalnya dilaksanakan mulai Selasa, 19/7/2016 s.d Jum’at, 22/7/2016. Hari ini mereka masuk untuk menerima pengarahan dari Panitia dan mendapat buku panduan/ pedoman PLSPD. (OeM)