SMAIsSudA Ikut Sukseskan Launching Senam Islam NUsantara


Ambawara – 25/9/2016 SMA Islam Sudirman Ambarawa mengikuti Launching Senam Islam NUsantara. Dengan mengerahkan seluruh siswa-siswi SMAIsSudA sebanyak 950 siswa. Sejak pukul 13.30 WIB siswa-siswi bersama dengan peserta lain mulai berdatangan di Lapangan Panglima Besar jenderal Sudirman Ambarawa (Pangsar Ambarawa). Launching senam Nusantara juga didukung oleh kondisi cuaca yang sedikit mendung dan diikuti angin namun tidak hujan, sehingga suasana yang menyejukkan ini membuat betah para peserta Senam yang telah hadir di lapangan Pangsar dengan jumlah kurang lebih 17.000 peserta. SMAIsSudA mengikuti Launching Senam Islam NUsantara yang diprakarsai oleh Nahdlotul Ulama (NU) ini sebagai unsur umum dimana ada dua unsur peserta yaitu dari internal NU, antara lain dari GP Ansor, Banser, Fatayat, Muslimat, IPNU, IPPNU, Lesbumi, Pertanu, ISNU, LPNU, Ma’arif NU yang berjumlah kurang lebih 12.000 dan unsur masyarakat lainnya sekitar 5.000 peserta.

Sebelum acara dimulai ditampilkan berbagai pentas seni dan atraksi diantaranya peragaan bela diri Pagar Nusa yang menjadi ciri khas organisasi keagamaan Nahdlatul Ulama. Selain itu juga diisi dengan atraksi paralayang yang membuat para peserta terlihat bersorak sorai penuh kegembiraan. Acara yang disusun oleh panitia cukup berbeda dengan acara-acara pada umumnya, penuh dengan nuansa tradisi warga nahdliyin. Setelah pembukaan dilakukan dengan pembacaan tahlil, para pesertapun semuanya duduk ditengah lapangan dengan penuh khidmat mereka berdzikir bersama, terlihat sekali keadaan dimana mereka diingatkan untuk selalu ingat kepada Allah, SWT. ditengah-tengah acara yang penuh dengan kesenangan dan kegembiraan. Setelah pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Kyai Soifullah, Al hafidz, dinyanyikan Mars NU oleh mahasiswa UNNES dan Wahid Hasyim Semarang dan ditengah-tengah acara tersebut datang Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi beserta rombongan yang telah ditunggu-tunggu oleh semua peserta untuk meresmikan senam Islam NUsantara ini. Dalam acara ini hadir pula Ketua Pimpinan Pusat Lembaga Pendidikan Ma’arif Arifin Junaedi dan Bupati Semarang H Mundjirin.

Setelah laporan Ketua Panitia dan uapan selamat datang dari Bapak Bupati adalah Sambutan dari Menpora. Dalam sambutannya Beliau mengatakan “SIN harus menggema di seluruh Nusantara dan bisa menyehatkan para santri,” Selanjutnya diserahkan bendera SIN dari Ketua PC NU Kabupaten Semarang Ahmad Hanik kepada Arifin Junaedi. Hal ini menandai penyerahan senam Islam Nusantara yang diinisiasi PC NU Kabupaten Semarang untuk digunakan di lingkungan LP Ma’arif seluruh Indonesia. Sebagai puncak peresmian ditandai dengan pemukulan bedug oleh Menpora dan senam Islam Nusantarapun dilaksanakan oleh Menpora dan seluruh peserta yang hadir di lapangan Pangsar dengan penuh antusias.

Sekilas tentang Senam Islam NUsantara

Gerakan senam ini terinspirasi gerakan-gerakan salat dan gerakan berwudu atau bersuci. Sebab gerakan-gerakan salat ternyata memiliki unsur-unsur olahraga yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Gerakan senam islam ini meliputi tiga gerakan utama. Yakni pemanasan, inti senam yang menggabungkan gerakan wudu dan salat dan diakhiri gerakan peregangan. Semua gerakan SIN tidak hanya sekadar berolah tubuh tapi juga ada maknanya. “Filosofinya, selain untuk menyehatkan jasmani dan rohani, gerakan- gerakan SIN ini juga ingin mengajak umat Islam lebih mencintai salat melalui senam ini.

Senam Islam Nusantara (SIN) yang diinisiasi oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Semarang, diluncurkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi di Lapangan Panglima Besar (Pangsar) Jenderal Sudirman Ambarawa, Minggu (25/9/2016) sore. (OeM)