OSIS SMAIsSudA Selenggarakan Pesta Demokrasi 2016


Ambarawa – 8/10/2016 OSIS SMA Islam Sudirman Ambarawa melaksanakan pesta demokrasi untuk memilih calon Ketua OSIS dan Ketua MPK masa bhakti 2016-2017. Kegiatan yang mengadopsi sistem pemilihan yang dilaksanakan oleh KPU ini di dahului oleh penyampaian Visi dan Misi calon ketua MPK dan calon ketua OSIS di hadapan siswa yang telah dilakukan pada hari Kamis, 6 Oktober 2016 kemarin. Ada 3 calon kandidat MPK dan 3 calon ketua OSIS yang telah terdaftar dan lolos seleksi. Dalam acara itu mereka menyampaikan visi dan misi masing-masing serta menjawab pertanyaan dari para perwakilan kelas. Calon ketua MPK adalah sebagai berikut:

1. Nunung Wulandari (XI IPS 4) visinya : Menjadikan Organisasi MPK lebih maju dalam kerjasama, disiplin dan tanggungjawab.

2. Elga Juni Wijayanti, visi : Mewujudkan organisasi MPK SMA Islam Sudirman yang terbuka, terpercaya dan bertanggungjawab serta menjadi lebih baik dari sebelumnya.

3. Muhammad Arya Permana, visi : Menjadikan Organisasi MPK organisasi yang bertanggungjawab, tegas dan cepat tanggap dilandasi dengan sikap ketaqwaan dan sikap kekeluargaan.

Sedangkan calon ketua OSIS, mereka adalah :

1. Rizki Noor R, visinya: Menjadikan siswa-siswi SMA Islam Sudirman Ambarawa taat beribadah dan aktif berpartisipasi dalam kegiatan intra dan ekstra sekolah.

2. Fatkhun Najib, visinya: Terwujudnya Organisasi OSIS yang “ACETRA”, Aktif, Creatif, Terampil, dan Takwa

3. Doni Irawan, visi : Tewujudya Organisasi OSIS yang aktif, kreatif, solidaritas tinggi dan bertanggungjawab.

Hari ini, Sabtu, 8 Oktober 2016 dilaksanakan puncak demokrasi, warga sekolah memberikan hak suaranya  di mulai dari kelas X sampai dengan kelas XII dan Guru, sehingga proses kegiatan belajar mengajar (KBM) tetap dapat berjalan dengan baik, tersedia beberapa bilik suara bagi pemilih, sehingga pemilihan ketua MPK dan OSIS dijamin kerahasiannya.  Sistem yang digunakan dalam pemilihan Ketua OSIS mengadopsi sistem yang biasa digunakan oleh KPU dalam pemilhan umum, dimana setiap pemilih diberikan selembar kertas suara yang diberi nomor sesuai dengan nomor urut yang dimiliki oleh masing-masing calon. Selanjutnya pemilih memberikan hak suara dengan cara mencoblos salah satu nomor sesuai dengan nomor urut Calon Ketua OSIS yang dijagokan, dan setelah itu surat suara yang telah dicontreng dimasukan ke dalam kotak suara. Untuk menghindari adanya pemilih ganda, setiap usai memberikan hak suaranya para pemilih wajib mencelupkan jari kedalam wadah yang berisi tinta.

Pelaksanaan Pemilihan Ketua OSIS dengan menggunakan sistem pemilu ini merupakan sebuah proses pembelajaran demokrasi secara langsung bagi seluruh siswa. Sehingga kedepanya saat menghadapi Pemilu para siswa tidak canggung lagi, karena telah memiliki pengalaman pada saat di sekolah. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan menanamkan sikap jujur dan sportif bagi setiap siswa. Bagi kandidat yang bersaing diharapkan dapat menerima apapun hasil yang diperoleh dalam proses pemilihan yang dilaksanakan. Selain itu Ketua MPK dan OSIS yang nantinya terpilih  diharapkan mampu menjadi sosok yang bisa memimpin dan memberikan contoh yang baik bagi teman.

Sekitar pukul 12.30 WIB proses pemungutan suara telah selesai, panitia pemungutan suara kemudian menyiapkan tempat dan berbagai instrumen lainnya untuk melaksanaan proses penghitungan suara.

Dalam penghitungan suara terlihat perolehan yang cukup kompetitif diantara calon. Hasil pemungutan suara sebagai berikut:

Jumlah pemilih dalam dpt : 959

Jumlah pemilih yang menggunakian hak pilih : 813

Perolehan suara sah Ketua MPK :

1. Nunung Wulandari : 115

2. Elga Juni Wijayanti : 245

3. Muhammad Arya Permana : 425

Jumlah suara sah : 785

Jumlah suara tidak sah : 173

Sedangkan perolehan suara Ketua OSIS sebagai berikut : 

1. Rizki Noor R : 258

2. Fatkhun Najib : 308

3. Doni Irawan : 222

Jumlah suara sah : 785

Jumlah suara tidak sah : 173

Jumlahsuara sah : 788

Jumlah suara tidak sah : 174

Total Suara Sah : 1573

Total Suara Tidak Sah 347

Dari hasil penghitungan tersebut di atas dapat dilihat yang berhak menjadi Ketua MPK dan Ketua OSIS adalah :

– Muhammad Arya Permana Ketua MPK SMA Islam Sudirman Ambarawa masa bhakti 2016/2017

– Fatkhun Najib Ketua OSIS SMA Islam Sudirman Ambarawa masa bhakti 2016/2017

Selamat, untuk mereka berdua, semoga dapat membawa OSIS dan MPK menjadi organisasi yang semakin baik, sehingga memberikan nama baik bagi SMAIsSudA.