SMAIsSudA Tingkatkan Keakraban Siswa Melalui Persami 2016


Ambarawa – 29/10/2016 SMA Islam Sudirman Ambarawa melaksanakan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) yang merupakan agenda rutin setiap tahun dari Gudep XI.22.03.005-006s. Ambalan Sudirman-Kartini. Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung selama dua hari dari Sabtu siang sampai dengan Minggu siang, 29 s.d 30 Oktober 2016. Seperti biasanya pula kegiatan tahun ini dilaksanakan di lingkungan SMA Islam Sudirman Ambarawa yang dimaksudkan agar siswa-siswa dapat menyatu dan merasa memiliki dengan SMA Islam Sudirman Ambarawa. Peserta persami merupakan seluruh siswa kelas X MIPA, IPS maupun Bahasa yang jumlahnya kurang lebih 349 peserta.

Hari Pertama, berdasarkan keputusan sekolah khusus siswa kelas X pada hari Sabtu, 29 Oktober 2016 kegiatan belajar mengajar hanya sampai pada pukul 10.00 WIB. Menurut Wakasek Kurikulum hal ini dilakukan agar siswa kelas X dapat mempersiapkan peralatan dan perlengkapan yang akan dibawa dan digunakan pada kegiatan Persami nanti sore. “Kalau anak-anak kelas X pulang sesuai jadwal, nanti mereka terlalu lelah, pasti dari pagi mereka tidak pulang karena jadwal Persami dimulai jam 15.00 WIB. sedangkan banyak dari mereka yang rumahnya cukup jauh. Sebenarnya mereka sudah mempersiapkan beberapa perlengkapan sebelumnya, tetapi untuk kebutuhan pribadi mereka banyak yang belum membawa tentunya, maka kami pulangkan lebih awal, agar mereka dapat istirahat sejenak dan mempersiapkan perlengkapan dan peralatan pribadinya yang mereka butuhkan selama mereka mengikuti Persami”, ungkap Dra. Rahmi Siti Saadah. 

Sesuai dengan jadwal Check in pasukan dilakukan pada pukul 15.00 s.d 15.30 WIB, peserta sudah sejak pukul 14.30 tampak berdatangan ke sekolah dengan membawa berbagai perlengkapannya. Upacara pembukaan Persami dimulai pada pukul 15.40 WIB, bertindak sebagai Pembina upacara adalah Bapak Kepala Sekolah sekaligus membuka kegiatan Persami Gudep XI.22.03.005-006s. Ambalan Sudirman-Kartini tahun ini. Dalam sambutannya beliau menyampaikan tujuan dilaksanakan Persami yaitu memberikan pengalaman adanya saling ketergantungan antara unsur-unsur alam dan kebutuhan untuk melestarikannya menjaga lingkungan dan mengembangkan sikap bertanggung jawab akan masa depan yang menghormati keseimbangan alam, selain itu juga untuk mengembangkan kemampuan diri mengatasi tantangan yang dihadapi, menyadari tidak ada sesuatu yang berlebih di dalam dirinya, menemukan kembali cara hidup yang menyenangkan dalam kesederhanaan, dan yang paling utama tujuan Persami ini adalah untuk membina kerjasama, persatuan dan persaudaraan.

Usai pembukaan acara dilanjutkan dengan game-game seru yang telah dipersiapkan oleh panitia pelaksana sebelumnya. Panitia pelaksana adalah para bantara yang sekitar 2 minggu yang lalu telah terbentuk terdiri dari siswa kelas X dan XI sebanyak kurang lebih 30 orang dan dibantu beberapa kelas XII. Game ini berakhir sekitar pukul 17.00 WIB dan dilanjutkan dengan istirahat sholat dan makan malam. Baru sekitar pukul 20.00 WIB dilanjutkan kegiatan yaitu api unggun dan pentas seni. Usai upacara api unggun dan setelah api menyala maka dilanjutkan dengan pentas seni. Setiap sangga diwajibkan menampilkan kreasinya masing-masing di dekat api unggun. Dari acara ini nanmpak sekali kedekatan dan keakraban para peserta mereka berkumpul bersama dan mengikuti kegiatan pentas seni dengan penuh suka cita. kegiatan Pensi ini selesai sekitar pukul 22.00 WIB, dan peserta kembali ke ruang istirahat masing-masing untuk istirahat dan tidur.

Hari Kedua, sepertiga malam terakhir yang cukup dingin peserta dibangunkan dan di arahkan untuk mempersiapkan diri menuju ke masjid oleh panitia untuk qiyamullail hingga sholat subuh berjamaah. Ada yang sulit dibangunkan, namun bahkan ada juga yang langsung mandi dan segera menuju ke masjid. Tentunya hal ini adalah kebiasaan mereka dalam kesehariannya, ada yang terbiasa bangun malam untuk sholat tahajud, belajar, namun ada juga yang belum terbiasa melakukan rutinitas itu. Namun ini perlu dilatih dan ditanamkan kepada anak-anak agar mereka terbiasa pada akhirnya. Usai kegiatan sholat shubuh mereka kembali dan mandi kemudian mengikuti kegiatan pagi yaitu senam pagi bersama-sama. Setelah itu mereka sarapan dan mempersiapkan diri untuk mengikuti wide game yang rencananya dimulai sekitar pukul 08.00 WIB.