Persiapan MPLS Daring dalam Tempo Cepat


SMAIsSudA, AmbarawaPanitia Masa Pengenalan Sekolah (MPLS) tahun 2020/2021 mempersiapkan kegiatan MPLS daring (online) selama lebih kurang satu minggu.

Setelah sukses dalam penyelenggaraan PPDB Online untuk kali pertama, SMA Islam Sudirman memiliki agenda berikutnya yaitu penyelenggaraan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara daring. Pelaksanaan MPLS secara daring ini diadakan dengan mengacu pada surat edaran Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Nomor: 4443.2/07247 tentang Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Edaran tersebut menjalaskan pelaksanaan MPLS di tengah pandemi covid-19 yang belum juga selesai.

Pelaksanaan MPLS daring ini harus dilakukan di tengah ketidakpastian kapan pembelajaran tatap muka akan dilaksanakan. Jika pembelajaran tatap muka masih beberapa bulan lagi, maka calon siswa baru akan tidak mengenal sekolahnya jika tidak ada MPLS. Hal ini disadari oleh stakeholder SMA Islam Sudirman Ambarawa.

“SMA Islam Sudirman Ambarawa mengadakan MPLS tahun 2020/2021 melalui daring. Hal ini merupakan tuntutan di tengah pandemi covid-19 yang sedang terjadi. Kegiatan MPLS ini sangat penting dilaksanakan untuk mengenalkan calon peserta didik dengan lingkungan sekolah, warga sekolah, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan pembelajaran,” ujar Joko Pujiyanto, Kepala Sekolah.

Panitia MPLS SMA Islam Sudirman Ambarawa selama libur sekolah ini sibuk mempersiapkan kegiatan MPLS secara daring. Hal itu dilakukan agar pelaksanaan MPLS daring dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Kesibukan ini terjadi lantaran kegiatan MPLS akan banyak menyuguhkan video-video yang membutuhkan waktu cukup lama untuk membuatnya. Selain panitia terdiri atas guru dan karyawan, sekolah juga melibatkan siswa dalam proses pengambilan video. Beberapa video yang diambil adalah tentang lingkungan sekolah, karakter siswa, wawasan wiyata mandala, tata tertib, dan beberapa video lainnya.

“Kami berharap kerja keras kami dalam tempo yang singkat ini dapat membuahkan hasil yang memuaskan. Semoga MPLS daring ini akan berjalan dengan lancar dan tentu saja sukses, “ ujar Indrian Istyawati, Wakasek Kesiswaan. “Kami sangat berterima kasih kepada panitia dan siswa yang telah berusaha untuk menjadikan MPLS daring ini suses dan berkesan,” imbuhnya.