Lagi! Pemilu OSIS dan MPK SMA IsSudA Gunakan E-Voting


SMA IsSudA, Ambarawa – Pemilihan Ketua Organisasi Intra Sekolah (OSIS) dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK) SMA Islam Sudirman Ambarawa yang diinisiasi oleh MPK dilaksanakan pada 17-18 November 2021.

Pemandangan berbeda terlihat saat proses pemilihan Ketua OSIS dan MPK SMA IsSudA-julukan untuk SMA Islam Sudirman Ambarawa- pemilihan dilakukan melalui E-voting. Namun, sebenarnya pemilihan Ketua OSIS dan MPK menggunakan E-voting bukan kali pertama untuk SMA IsSudA, penggunaan E-voting ini sudah kedua kalinya semenjak pandemi covid tahun pertama itu.

Proses pemilu ini diawali dengan pembentukan panitia pemilihan, seleksi kandidat ketua, debat calon Ketua OSIS dan MPK, kampanye hingga pemungutan suara. Semua dilaksanakan dengan mengandalkan aplikasi google meet, youtube, Instagram, E-voting serta E-lisda (platform belajar moodle yang dikembangkan oleh Tim-IT sekolah). E-lisda ini dimanfaatkan untuk mendapatkan akun E-vote yaitu username dan password bagi para pemilih.

“SMA IsSudA menyelenggarakan pemilihan Ketua OSIS dan MPK ini layaknya pemilu, pengintegrasian E-voting ke Elisda bertujuan agar tidak adanya pemilih ganda ataupun pemilih yang bisa mendapatkan link pemilihan, namun tidak memiliki akun, “ungkap Ibu Danie Madiyati sebagai Pembina OSIS dan MPK.

Di tempat yang sama, Ketua MPK, Dimas Dharma Wicaksono menjelaskan rangkaian pemilu ini, “proses debat calon kandidat sudah dilaksanakan pada Selasa, 9 November 2021 dan disiarkan secara langsung di instagram sekolah, OSIS dan MPK @smaissuda_hits, @osisissuda, @mpkissuda_official yang sebelumnya juga dilaksanakan seleksi 6 calon kandidat ketua OSIS dan MPK selama satu minggu. Kemudian, 3 kandidat terpilih membuat video kampanye yang diunggah di youtube sekolah, SMAIsSudA Stream, meskipun begitu juga dilaksanakan kampanye secara langsung ke kelas-kelas.”

Ibu Indrian Istyawati, S. Pd. sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan mengungkapkan, “Pemilihan OSIS dan MPK ini mirip Pemilu, sehingga memberikan pendidikan demokrasi sekaligus mengenalkan tahapan pemilu ke peserta didik. “

Lantaran di tengah pandemi Covid-19, pemilihan ketua OSIS dan MPK juga menjadi wadah untuk memberikan kesempatan kepada panitia pemilu ini untuk berkreativitas dan mengembangkan ketrampilan dalam memanfaatkan IT saat pelaksanaan kegiatan. Mulai dari debat, kampanye dan pemungutan suara secara E-voting.

Pemilihan Ketua OSIS ini diikuti oleh 3 kandidat yaitu nomor urut 1 atas nama, Naufal Bagoes Anantyo, nomor urut 2, Bulan Eka Prasasti dan terakhir nomor urut 3, Farhan Wahyu Sulistyo. Sedangkan untuk 3 kandidat ketua MPK yaitu nomor urut 1, Hanum Aisyah Prameswari, nomor urut 2, Loricka Natasya Fitriana, dan nomor urut 3, Randan Adko Nugroho.

Hasil pemilu OSIS dimenangkan oleh kandidat nomor urut 3, Farhan Wahyu Sulistyo dengan jumlah suara 447 suara. Untuk pemilu MPK, dimenangkan oleh kandidat nomor urut 1, Hanum Aisyah Prameswari dengan jumlah suara 485.

Bapak Drs. Joko Pujiyanto sebagai Kepala SMA IsSUdA berpesan saat pengumuman perhitungan suara di ruang Multimedia “Selamat atas Ketua OSIS dan MPK terpilih, Farhan Wahyu Sulistyo dan Hanum Aisyah Prameswari. Semoga amanah, bisa menjalankan tugas dan program sebaik-baiknya, sehingga SMA IsSudA menjadi lebih baik lagi dan tidak lupa tetap menjaga prestasi akademik meskipun aktif berorganisasi.” Acara tersebut juga disiarkan secara langsung melalui Instagram sekolah, OSIS dan MPK.