Gelar Karya P5 – Bhineka Tunggal Ika


SMAIsSudA, Ambarawa – SMA Islam Sudirman Ambarawa kali pertama melakukan Gelar Karya Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Hal itu tak lepas karena SMA ini baru tahun ini menggunakan kurikulum merdeka mandiri berubah. Gelar karya yang bertemakan Bhineka Tunggal Ika ini dilaksanakan pada hari Selasa, 12 Desember 2023 diadakan setelah penilaian sumatif akhir semester I.

Gelar karya tersebut telah dipersiapan sejak tanggal 13 November 2023. Pada gelar karya tersebut, peserta didik menampilkan berbagai tari kreasi tradisional bertajuk “Nusantara”. Sesuai dengan tema yang diusung, diharapkan peserta didik dapat melihat berbagai keragaman budaya yang ada di Indonesia dan mampu menghargai setiap perbedaan yang dimiliki oleh masing-masing daerah, serta mampu menjadikan suatu perbedaan sebagai pondasi dalam membangun keutuhan NKRI.

Gelar karya ini merupakan serangkaian dari kegiatan Projek Penguaatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan inovasi dalam kurikulum merdeka yang bertujuan untuk memberikan pengalaman yang nyata bagi peserta didik dalam mewujudkan nilai-nilai luhur Pancasila melalui serangkaian aktivitas projek pembelajaran yang dilakukan di dalam maupun luar kelas. Melalui kegiatan P5 ini, diharapkan dapat menjadi salah satu sarana pencapaian profil pelajar Pancasila yang dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter, maupun kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

Dalam gelar karya tersebut para peserta didik dituntut agar lebih kreatif dan mampu mencari  solusi atas kendala yang dihadapi dalam proses mempersiapkan properti gelar karya yang akan ditampilkan seperti kostum dan latar yang digunakan pada saat acara berlangsung. Terdapat berbagai tari kreasi yang ditampilkan. Tari kreasi tersebut merupakan gabungan dari berbagai tari tradisional nusantara yang digabungkan menjadi satu sehingga menghasilkan gerak yang indah dan seirama. Hal ini tentu saja menggambarkan bahwa meskipun berbeda namun tetap bersama menjadi satu kesatuan yang utuh. Gelar karya tersebut berlangsung sangat meriah. Peserta yang hadirpun cukup antusias dalam menyaksikan gelar karya tersebut.

Penulis: Tim Jurnalistik SMA IsSuda