Senangnya ikut Kemah Akhirussanah 2016


Kemah Akhirussanah SMA Islam Sudirman Ambarawa tahun 2016 pada Selasa s.d. Kamis, 10 s.d. 12 Mei 2016 dilaksanakan di Camping Ground ”Promas Greenland Nglimut Gonoharjo Kendal”, Jl. Air Panas 1 Nglimut, Gonoharjo Kec. Limbangan, Kab. Kendal – Jawa Tengah. Kemah dirasakan sangat mengesankan dan menyenangkan bagi peserta. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang selalu diadakan di kawasan bumi perkemahahan, tahun ini kemah akhirussanah dilaksanakan di kawasan Camping Ground ”Promas Greenland Nglimut Gonoharjo Kendal. Biarpun demikian seluruh peserta kemah sangat menikmati keindahan lokasi perkemahan.

Kemah yang dibuka oleh kepala sekolah SMA Islam Sudirman Ambarawa, Drs. Joko Pujiyanto ini merupakan kemah yang telah dinanti-nanti oleh peserta kemah kelas X. Dalam acara pembukaan Drs. Joko Pujiyanto berpesan kepada peserta kemah agar senantiasa menjaga nama baik almamater sekolah karena akan berada jauh dari sekolah. Beliau juga berpesan agar menjaga kesehatan dengan baik agar tidak sakit. Selain itu beliau juga berpesan agar peserta kemah tetap menjalankan kewajiban sebagai umat muslim, yaitu salat lima waktu. “Anak-anakku, Bapak berpesan tolong jaga nama baik almamater kalian ini dengan sebaik-baiknya. Selain itu kalian harus bisa menjaga diri dan jangan sekali-kali meninggalkan shalat biarpun kalian dalam kondisi yang sangat tidak menyenangkan,” pesan Drs. Joko Pujiyanto.

Panitia mengangkut rombongan kemah dengan menggunakan delapan armada truk dari TNI Kavaleri Turonggo dan dua tambahan truk dari luar. Rombongan kemah yang melewati jalur Ambarawa – Ungaran – Gunungpati – Kendal ini merasakan kesenangan tersendiri. “Biarpun panas kami tetap happy, Pak,” ungkap salah satu peserta kemah laki-laki yang ada di atas truk terbuka Hari Pertama. Dalam perjalanan antara Ungaran – Gunungpati ada kecelekaan kecil berupa serempetan antara truk pembawa barang dengan mobil minibus, namun alhamdulillah tidak sampai ada korban luka dari penumpang, maupun dari sopir kedua endaraan tersebut, hanya luka gores pada kedua mobil yang kemudian dapat diselesaikan secara kekeluargaan diantara keduanya.

Setelah persiapan perkemahan dan istirahat sudah selesai, dimulailah kegiatan dengan diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Pembina Pramuka Bp. Soekamto, dan kemudian dilanjutkan dengan lomba/ games sampai waktu Ashar. Banyak sekali games yang diikuti oleh peserta kemah yang sebelumnya telah disiapkan oleh kakak bantara. (OeM)

Setiba di bumi perkemahan kawasan Camping Ground Promas Greenland Nglimut Gonoharjo peserta kemah langsung dengan sigap mengambil dan membawa perlengkapan dan peralatan di truk barang dan kemudian mendirikan tenda, mereka bekerjasama saling bahu membahu dalam mendirikan tenda, ada yang menggali tanah, menyiapkan tali, pasak, meyiapkan alat-alat masak, dsb. sampai waktu dhuhur tiba mereka telah selesai kemudian istirahat, makan siang dan sholat berjamaah.